Kenapa Orang Korea Suka Makan Kimchi?

Kimchi Korea, siapa yang masih asing dengan salah satu nama makanan khas Korea tersebut? kalau anda penggemar kuliner ditambah lagi penggemar kpop atau drama-drama Korea dijamin sudah sangat mengenal apa itu kimchi. Bagi anda yang masih aneh apa itu kimchi, kimchi adalah salah satu jenis makanan favorit masyarakat Korea. Tak hanya di sukai, kimchi juga menjadi makanan wajib di setiap rumah di Korea. Bahkan karena terlalu fanatiknya dengan kimchi, diKorea sampai terbentuk budaya hari khusus memasak kimchi hingga Korea banyak disebut sebagai lemari es nya kimchi. Penasaran makanan seperti apa kimchi itu? Kimchi adalah makanan yang terbuat dari beberapa jenis sayuran yang di fermentasi dan dicampur bubuk cabai. Rasa kimchi antara asin hingga sangat pedas. Sayuran yang paling sering diolah sebagai kimchi adalah sawi putih dan lobak. Namun kembali lagi, isi sayuran dalam kimchi tak hanya terikat pada jenis sayuran itu saja, tetapi tergantung selera setiap orang. Hmm.. bagaimana? Apakah anda sudah bisa menerka-nerka kira-kira bagaimana rasa kimchi di lidah? Sepertinya akan sedikit asam, asin hingga pedas ya. Lalu jika rasanya seperti itu kira-kira cocok tidak ya dengan lidah kita yang indonesia banget ini? Hehe, kalau masalah itu sih tergantung selera masing-masing individu ya. Tapi kenapa sih kimchi disukai oleh seluruh masyarakat Korea? Ternyata ada banyak sekali alasan yang membuat kimchi menjadi makanan wajib masyarakat Korea, diantaranya adalah sebagai berikut.

5 Makanan Tersehat di Dunia

Siapa yang menolak makanan sehat? Terlebih jika makanan tersebut sudah jelas-jelas masuk dalam daftar 5 makanan tersehat di dunia. Begitu juga orang Korea lho, masyarakat Korea tidak akan menolak kimchi yang memang sudah terkenal sebagai salah satu dari 5 makanan tersehat di dunia. Hmm.. dilihat dari komposisinya yang terdiri dari beberapa jenis sayuran, bawang putih, daun bawang, garam dan bubuk cabai memang sekilas nampak sehat sih. Secara komposisi utamanya adalah sayuran. Ya, kimchi Korea dinyatakan sebagai makanan yang tinggi serat dan rendah kalori sehingga sangat menyehatkan jika dikonsumsi. Tak hanya itu saja, tahukah anda proses fermentasi yang dilewati saat pembuatan kimchi ternyata menumbuhkan bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi pencernaan sama seperti bakteri yang terkandung oada yogurt. Belum lagi pemberian garam dan rasa pedas pada kimchi juga dinilai memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi tubuh.

Budaya Korea

Kimchi sangat disukai orang Korea karena memang kimchi sudah menjadi bagian dari budaya Korea. Di Korea ada hari perayaan khusus yang dilalui dengan membuat kimchi ramai-ramai dengan keluarga besar. Budaya atau tradisi tersebut disebut dengan istilah kimjang. Pada saat perayaan kimjang, biasanya para lelaki bertugas memanen puluhan kilo gram sawi putih dan lobak serta memotongnya. Sedangkan para wanita bertugas mengolah bumbu dan mengolesi lembar demi lembar sawi putih dengan bumbu kimchi. Setelah sawi putih dibumbui dicampur garam dan bubuk cabai, sawi putih akan disimpan pada wadah tertutup kemudian disimpan di lemari es hingga musim selanjutnya atau sesuai selera penikmatnya mau mengfermentasikan kimchi hingga berapa lama.

Enak, Tentu Saja!

Rasanya bagaimana? Tentu saja enak. Rasa kimchi jika kita samakan dengan makanan di indonesia mungkin kira-kira mirip dengan asinan khas indonesia. Yaitu berasa asam, sedikit asin dengan rasa pedas yang lebih menonjol. Tak hanya dari segi rasa yang memang unik, tekstur dari sawi putih pada kimchi yang layu tetapi renyah atau crunchy. Hmm.. jadi semakin penasaran nggak sih dengan kimchi Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *