Manfaat Go Chu Jang untuk Kesehatan

Manfaat  gochujang sudah tak perlu ditanyakan lagi buat anda yang suka makanan khas Korea. Pernahkah anda sadari sebelumnya bahwa makanan Korea identik dengan warna merah pada masakannya? Rasa yang ada di dalam masakan Korea juga tak jauh-jauh dari pedas, asin, dan segar. Rasa ini sudah menjadi ciri khas negeri yang sedang naik daun ini sehingga menemukan masakan dengan warna merah sangatlah mudah. Tengok saja kimchi, ramyeon, dan sup yang selalu berwarna merah. Namun pernahkah anda menyadari bahwa warna merah itu didapatkan dari saus cabe legendaris bernama gochujang. Dikatakan legendaris karena sampai saat ini proses pembuatan pasta ini masih tradisional dan menggunakan rempah alami. Tak salah pakar kuliner dunia menyebutkan bahwa gochujang menjadi sambal pasta cabe paling lezat yang ada di dunia. Manfaat  gochujang bisa anda lihat dari beberapa hal di bawah ini.

gochujang
Menambah Nafsu Makan

Rasa pedas pada gochujang pasti akan menambah rasa lapar ketika masakannya sudah disajikan. Aroma pedas khas rempah-rempah asli akan menggugah selera siapapun yang akan menyantapnya. Inilah rahasia makanan Korea selalu menjadi favorit di berbagai wilayah dunia. Fakta yang ditemukan memang masakan pedas atau aroma pedas akan merangsang rasa lapar untuk  terus memacu agar perut cepat terisi. Tak jarang ditemukan orang yang rela makan beberapa porsi karena rasa masakannya yang pedas. Rasa pedas dan sedap pada gochujang akan membuat lidah termanjakan apalagi jika dinikmati pada masakan berkuah yang panas tentu akan terasa laparnya.

Penyedap Rasa Makanan

Gochujang juga digunakan sebagai penyedap rasa makanan karena mampu membuat makanan menjadi lebih enak dan lezat. Rasa lezat yang diberikan oleh pasta cabai ini berasal dari rempah alami dan tradisional yang diproses dengan cara yang tepat. Penggunaan cara tradisional dalam pengolahannya dan tahap-tahapnya membuat rasa rempah yang ada di dalamnya begitu tajam dan mampu membuat masakan menjadi lebih sedap. Sebut saja bahan seperti jahe yang bisa menghangatkan tubuh bagian dalam, merica dan lada yang bisa dinikmati sensasi pedas luar dan dalam, dan tentunya cabai yang sudah dkeringkan sehingga mampu bertahan dalam waktu yang lama. Bukan hanya itu saja, masih banyak rempah lain yang dimasukkan sehingga membuat masakan menjadi lebih lezat. Tak salah jika orang Korea menjadikannya sebagai bahan wajib ada di dalam rumah.

bibimbap
Kandungan Vitamin dan Mineral

Siapa sangka bahwa rasa pedas yang ada pada pasta cabai ini juga mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi ini diperoleh dari bahan rempah yang digunakan selama proses pembuatan gochujang. Vitamin C dan vitamin A mendominasi kandungan vitamin di dalamnya ditambah dengan mineral yang membantu tubuh memaksimalkan metabolismenya. Bukan hanya itu saja, gochujang memiliki kandungan yang mampu melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari kemungkinan terkena obesitas. Sedangkan kandungan merica di dalamnya mampu menangkal bakteri yang ingin masuk ke dalam tubuh. Inilah yang menjadikan gochujang banyak dikonsumsi bukan hanya di Korea akan tetapi di seluruh dunia.

Menjadi Ciri Khas Masakan Korea

Tidak lengkap rasanya jika menikmati masakan Korea tanpa ada gochujang karena sudah menjadi ciri khas makanan Korea. Warna merah yang selalu dihadirkan setiap masakan Korea tak pernah lepas dari pasta cabai ini. Oleh karena itulah gochujang dimasukkan sebagai ciri khas masakan Korea. Selain untuk meningkatkan rasanya, juga bermanfaat untuk menjadikan warna merah merona pada masakan. Hasilnya makanan akan menjadi lebih menarik dan bersemangat untuk menikmatinya. Jadi tak ada salah untuk menikmati dan merasakan masakan Korea dan Manfaat  gochujang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *